Jokowi Frustasi Tak Bisa Tekan Megawati Urusan Capres

by -138 Views
Presiden Joko Widodo menghadiri acara silaturahmi dengan relawan Jokowi yang bertajuk Nusantara Bersatu di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu, 26 November 2022.

Selasa, 29 November 2022 – 21:00 WIB

VIVA Politik – Acara relawan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang bertajuk ‘Nusantara Bersatu’ mendapatkan sorotan tajam dari berbagai lapisan masyarakat. Pengamat Politik Uchok Sky Khadafi mengatakan Mobilisasi Relawan Jokowi di GBK beberapa hari lalu menunjukkan upaya politik menghibur diri dari Presiden Jokowi.

Uchok melihat bahwa saat ini Jokowi mulai frustasi karena tak bisa berbuat banyak sebagai petugas partai. Jokowi tak memiliki kuasa untuk menentukan kandidat Capres yang diinginkannya maju dalam Pemilu 2024

“Bisa dimaknai sebagai sikap frustasi untuk menutupi kenyataan bahwa ia tidak punya kuasa menentukan calonnya untuk diusung oleh PDIP. Padahal, semua juga mengetahui bahwa relawan itu tidak punya legal standing dalam hal pengusungan caprea-cawapres,” kata Uchok dalam keterangan yang diterima Selasa 29 November 2022.

Presiden Jokowi saat hadiri acara relawan di GBK, Sabtu, 26 November 2022.

Presiden Jokowi saat hadiri acara relawan di GBK, Sabtu, 26 November 2022.

Upaya mengerahkan sekian ribu relawan itu, dinilai Uchok, sebagai cara Jokowi menunjukkan kepada PDIP bahwa dirinya masih memiliki massa yang banyak. Tetapi, Uchok meragukan relawan yang hadir tersebut benar karena mendukung Jokowi atau sengaja dikerahkan menggunakan kekuatan uang.

“Presiden Jokowi seolah ingin menunjukkan bargaining ke PDIP seolah rakyat masih di belakangnya dan memberikan dukungan kepada siapapun calon yang dikehendaki. Meski nyatanya, yang dimobilasasi itu juga banyak yang bisa dipertanyakan apakah mereka benar-benar relawan atau “mobilisasi” yang dibiayai,” ujarnya

Sejauh ini, Jokowi dinilai belum menyadari bahwa partai-partai juga punya kepentingan politik yang tentunya tidak mau dikerdilkan oleh mobilisasi relawan. Terlebih PDIP sebagai partai yang punya tiket untuk mengajukan pasangan capres-cawapres di Pilpres 2024 mendatang.

Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.